MADRASAH PENDIDIKAN PEMILU : NGOBROL PEMILU KEKINIAN


(Yogyakarta, 1 Mei 2018) Dalam rangka meningkatkan kapasitas, Komunitas Independen Sadar pemilu mengadakan Madrasah pendidikan pemilu yang dilaksanakan di Ruang Sidang Fisipol UMY  dengan berkerjasama dengan Laboratorium Ilmu Pemerintahan UMY dan Satgas Muda Anti Korupsi PDM Kota Yogyakarta membahas peran relawan dan model-model kecuragan pemilu yang dilaukan oleh partai politik.

Program Madrasah Pendidikan Pemilu ini sangat penting bertujuan untuk memberikan pemahaman bagaimana peran anak muda generasi milenial dalam mengawasi pemilu 2019 agar berjalan dengan baik dan demokratis.

Surani selaku narasumber dan merupakan komisioner KPU Kota Yogyakarta mengatakan peran relawan dalam menyampaikan informasi mengenai pemilu 2019 sangat peting karena pemilu 2019 berbeda dengan pemilu sebelumya. Pemilu 2019 akan dilakukan secara serentak yaitu pemilihan Presiden , Wakil Presiden, DPR RI, dan DPRD. KISP harus mampu menjadi pemberi Informasi yang baik.

Bambang Eka selaku Dosen Ilmu pemerintahan mengatakan bahwa anak muda harus mampu menjadi motor utama pengawasan partisipatif berbasis Medsos. Sebagai contoh menyampaikan Informasi mengunakan Vidgram, Vlog , atau gambar-gambar yang membuat itu menjadi kekinian.

Iwa selaku Redaktur Jawa Pos mengatakan bahwa pertarungan di era globalisasi sekarang adalah pertarungan berita melalui media sosial (medsos). KISP harus mengedepankan medsos agar masyarakat umum dapat mengetahu kegiatan positif yang dilakukan KISP.

Selain itu Output dari kegiatan ini nantinya pegiat Komunitas Independen Sadar Pemilu akan melakukan kegiatan sosialisasi mengenai kepemiluan ke anak-anak SMA (pemilih pemula) dan juga membuat penelitian mengenai kepemiluan. Harapan dari kegiatan ini nantinya mampu menjadi langkah awal untuk mengkampanyekan pentingnya pemilu 2019 untuk generasi muda. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Spektrum Arah Gerak Partai Politik di Indonesia; Antara Kiri dan Kanan

Tipe Pemilih Dalam Pemilu

Membumikan Gerakan Literasi Media Berbasis Pendidikan Politik