Tipe Pemilih Dalam Pemilu



Memasuki tahun politik, yang dimana setiap orang akan menentukan pilihannya secara masing-masing, pada tahun ini hampir semua warga Negara Indonesia sudah menikmati aspirasi-aspirasi visi dan misi pasangan calon presiden dan wakil presiden bahkan calon legislatif di beberapa daerah. Dalam hal ini, masyarakat akan mengikuti dan berpartisipasi dalam pemilihan umum ini pastinya. Masyarakat itu sendiri ada yang memiliki dan cara menanggapi calon-calon penguasa tersebut.

Ada tipe-tipe masyarakat dalam memilih calon penguasa tersebut, yakni adalah tipe pemilih yang kritis, dalam arti kata tipe pemilih ini selalu menanggapi dan memberi saran bahkan juga ada yang mengkritisi visi misi calon penguasa tersebut, bahkan tipe masyarakat yang ini ada juga yang kontra terhadap visi dan misi si calon penguasa tersebut seakan-akan tidak mendapatkan apa yang di inginkan dan bisa terjadinya golongan putih (golput). Ada juga masyarakat yang memilih hanya dengan sekedar tahu saja dan juga terfokus kepada satu calon penguasa yang intinya mencari kelebihan-kelebihan satu calon pasangan tersebut, tipe pemilih ini seakan-akan memilih calon penguasa tersebut sudah dianggap baik dan bagus dan jarang pula menanggapi dan mengkritisi pasangan calon penguasa tersebut. Ada halnya juga pemilih yang apatis, yakni dimana pemilih ini tidak berpartisipasi terhadap calon-calon penguasa, mereka tidak tahu visi dan misi perkembangan yang akan datang dari pasangan calon penguasa tersebut, hal yang seperti ini biasanya memilih dengan apa yang mereka lihat di sekeliling dan mayoritas mereka bahkan juga bisa terjadinya golongan putih (golput).

Menjelang pemilihan ini banyak masyarakat yang pro dan kontra terhadap calon penguasa tersebut. Dan kita sebagai masyarakat yang cerdas dalam pemilihan ini, jangan sampai kedepannya membuat suatu hal yang tidak di inginkan di kalangan masyarakat cerdas, dan tidak mudah terprovokasi dengan hal-hal yang memang tidak penting, dengan ini kedepannya masyarakat bisa menjaga nama baik Warga Negara Indonesia.


Alam Mahardika
Mahasiswa Ilmu Pemerintahan UMY

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Spektrum Arah Gerak Partai Politik di Indonesia; Antara Kiri dan Kanan

Membumikan Gerakan Literasi Media Berbasis Pendidikan Politik